Lakip

 

Kata Pengantar

           Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan ridho-Nya telah dapat kami susun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Tahun 2016.
 

         Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) adalah merupakan wujud pertanggungjawaban instansi pemerintah dalam mencapai misi dan tujuan organisasi  yang dibuat secara periodik yang berisi informasi mengenai kinerja instansi pemerintah untuk menyelenggarakan tugas umum pemerintah dan pembangunan yang hendak dicapai dan tingkat pencapaian sasaran-sasaran tersebut melalui program dan kegiatan yang telah ditetapkan pada tahun 2016.

          Landasan hukum Penerapan Laporan Akuntabilitas ini adalah berdasarkan pada Instruksi Presiden No. 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), dan disusun sesuai Surat Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor. 239 / X / 6 / 8 / 2003 tentang perbaikan Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahdan SE MenPAN Nomor : 99/M.PAN/3/2003 tanggal 27 Maret 2003.   

            Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) pada Dinas Tenaga Kerja Kota Batam tahun 2016 adalah merupakan instrument pertanggungjawaban pelaksanaan urusan pemerintah di Dinas Tenaga Kerja Kota Batam dengan mengacu kepada Rencana Strategis tahun 2011-2016. Dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja ini adalah dengan tujuan dapat memberikan gambaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) serta capaian kinerja (Performance Result) yang dijalankan selama tahun anggaran 2016 dengan menghubungkan terhadap rencana anggaran pada tahun 2016.

          Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP) Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Tahun 2016 merupakan wujud akuntabilitas dan transparansi pencapaian kinerja dari pelaksanaan rencana strategis Dinas Tenaga Kerja Kota Batam tahun 2011-2016 dan rencana kinerja tahunan 2016 yang telah ditetapkan melalui penetapan kinerja tahun 2016. Penyusunan LAKIP Dinas Tenaga Kerja 2016 ini pada dasarnya merupakan kewajiban yang menjadi keharusan instansi pemerintah dalam memberikan penjelasan secara tertulis mengenai pertanggungjawaban terhadap kinerja / realisasi yang telah dilakukan selama tahun 2016.

            LAKIP tahun 2016 yang merupakan bagian dari informasi pengukuran kinerja dalam melaksanakan rencana strategis dinas tenaga kerja tahun 2011-2016 adalah dokumen evaluasi dalam mendapatkan umpan balik peningkatan kinerja pelaksanaan berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh dinas tenaga kerja, dengan berorientasi kepada hasil yang ingin dicapai melalui visi, misi, tujuan dan sasaran strategis.

            Dalam upaya menyelenggarakan kepemerintahan yang baik (good governance) merupakan prasyarat bagi setiap pemerintahan untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dan mencapai tujuan serta cita-cita bangsa. Dalam rangka itu diperlukan pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas, terukur dan legitimate, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdayaguna, berhasilguna, bersih dan bertanggung jawab serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, sebagai perwujudan pertanggungjawaban keberhasilan/kegagalan pelaksanaan visi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yangtelah ditetapkan, maka disusunlah laporan akuntabilitas kinerja yang dicerminkan dari hasil pencapaian kinerja berdasarkan visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah dituangkan dalam rencana strategis Dinas Tenaga Kerja Kota Batam tahun 2011-2016, Visi Dinas Tenaga Kerja Kota Batam adalah :“Tersedianya Tenaga Kerja Terampil, Penempatan Pencari Kerja serta Hubungan Industrial yang Harmonis dan Perlindungan Tenaga Kerja”. Sesuai dengan visi tersebut, maka misi Dinas Tenaga Kerja Kota Batam adalah “ (1) Meningkatkan pelatihan ketrampilan tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan lowongan kerja dan usaha mandiri, (2) Meningkatkan pelayanan penempatan, (3) Terlaksananya sarana hubungan industrial di perusahaan, (4) Terlaksananya kepatuhan hukum ketenagakerjaan dan (5) Mewujudkan pelayanan prima yang didukung oleh sarana dan prasarana perkantoran yang memadai dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Dalam rangka pelaksanaan tugas pemerintahan di dinas tenaga kerja kota batam, maka dirumuskan tujuan dan sasaran yang diharapkan dapat dicapai pada 5 (lima) tahun mendatang, sehingga dapat meningkatkan kapasitas organisasi dinas tenaga kerja dan mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka ditetapkan5 (lima) tujuan strategis dan 7 (tujuh) sasaran strategis. Adapun tujuan dan sasaran strategis adalah sebagai berikut :

Tujuan Strategis:

  •        Tersedianya tenaga kerja terampil untuk memenuhi dunia kerja dan dunia usaha
  •        Terserapnya pencari kerja dalam dunia kerja
  •        Terjalinnya hubungan kerja yang kondusif
  •        Terlindunginya hak-hak dasar pekerja
  •        Terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana yang memadai serta sumber daya manusia yang berkompeten.

Sasaran Strategis :

  •        Meningkatkan pelatihan ketrampilan dan pembinaan fungsi lembaga-lembaga pelatihan swasta
  •        Meningkatkan sistim informasi pasar kerja serta terwujudnya kegiatan wirausaha, teknologi tepat guna dan kegiatan padat karya
  •        Meningkatkan pembinaan dan pembentukan sarana hubungan industrial dan persyaratan kerja
  •        Mewujudkan pelayanan prima yang didukung oleh sarana dan prasarana perkantoran yang memadai
  •        Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur agar mampu melaksanakan tugas pelayanan ketenagakerjaan
  •        Mengusahakan peningkatan sarana dan prasarana serta kesejahteraan aparatur dinas tenaga kerja
  •        Meningkatkan sistem informasi data ketenagakerjaan untuk memenuhi kebutuhan informasi secara tepat dan terpadu.

Untuk meningkatkan kinerja aparatur dinas tenaga kerja kota batam di tahun mendatang harus ditempuh dengan berbagai upaya strategis untuk dapat mengantisipasi segala kendala yang timbul atau hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya yang dapat memberikan pengaruh terhadap nilai-nilai indikator kinerja.

Upaya strategis pemecahan masalah tersebut dapat diatas dengan menetapkan kebijakan sebagai berikut :

  1. Perlu dukungan personil yang bertanggung jawab untuk memperoleh data kinerja agar program dan kegiatan yang dibuat benar-benar mencapai sasaran yang diinginka sesuai dengan misi dan visi yang sudah dituangkan di dalam Renstra.
  2. Personil fungsional yang ada pada Dinas Tenaga Kerja Kota Batam,perlu dibuatkan dalam struktur dan tata kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Batam tidak melaksanakan jabatan struktural.
  3. Melakukan perencanaan program dan kegiatan secara matang yang disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Tenaga Kerja Kota Batam.
  4. Menyiapkan kekuatan sumber daya manusia dalam melaksanakan  program dan kegiatan agar kegiatan tersebut menghasilkan kualitas yang baik dan maksimal.
  5. Melakukan evaluasi secara rutin terhadap kegiatan yang sedang dilakukan. Sehingga keberhasilan capaian indikator kinerja di tahun – tahun berikutnya dapat ditingkatkan sebagai upaya merealisasikan Visi dan Misi Dinas Tenaga Kerja Kota Batam dapat terwujud.

        LAKIP Dinas Tenaga Kerja Kota Batam selanjutnya disampaikan kepada Walikota melalui Sekretaris Kota Batam sebagai bukti akuntabilitas vertikal. Selain itu pula, LAKIP adalah juga merupakan sarana evaluasi atas pencapaian kinerja Dinas Tenaga Kerja Kota Batam sebagai umpan balik untuk meningkatkan kinerja dimasa yang akan datang.

        Akhirnya ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan Lakip ini. Ibarat pepatah “Nobody is Perfect” maka dari itu Kami sangat mengharapkan dan menghargai kritik dan saran demi perbaikan LAKIP ini dimasa yang akan datang. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa tetap membimbing dan menyadarkan kita untuk selalu berkarya dan berbuat lebih baik lagi sehingga Visi Dinas Tenaga Kerja Kota Batam dapat tercapai sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi bagi pembangunan Kota Batam.

 

Batam,     Desember 2016
KEPALA DINAS TENAGA KERJA
KOTA BATAM
 
 
RUDI SAKYAKIRTI, SH., MH
Pembina Utama Muda
NIP. 19650606 199303 1 018